Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika

DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830

Author (s)


(1)  Sudi Aji   (Universitas Kanjuruhan Malang)  
        Indonesia
(2) * Muhammad Nur Hudha   (Universitas Kanjuruhan Malang)  
        Indonesia
(3)  Astri Rismawati   (Universitas Kanjuruhan Malang)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan modul fisika berbasis problem based learning pada topik keseimbangan dan dinamika rotasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMA dan mengetahui bagaimana kelayakannya serta respon siswa terhadap modul tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian yang digunakan memanfaatkan modifikasi dari langkah-langkah penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Hasil penelitian ini, yaitu sebuah modul fisika berbasis PBL pada topik keseimbangan dan dinamika rotasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMA. Kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis PBL menurut ahli materi, ahli media dan guru fisika SMA untuk komponen isi, penyajian dan bahasa memiliki kriteria sangat valid dengan presentase masing-masing sebesar 94,8%, 95%, dan 88,5%. Respon siswa terhadap modul fisika berbasis PBL pada uji coba terbatas diperoleh presentase sebesar 91% dan 91,25% pada komponen isi dan tampilan modul.



Keywords

modul PBL; pemecahan masalah; keseimbangan dan dinamika rotasi



Full Text: PDF



References


Aji, S. D., & Hudha, M. N. (2015). Dampak PBL Terhadap Kerja Ilmiah Mahasiswa pada Perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 708-714.

Aji, S. D., Hudha, M. N., & Permatasari, A. (2016). Authentic Problem Based Learning (APBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3, 299-302.

Aji, S. D., & Hudha, M. N. (2016). Kerja Ilmiah Siswa SMP dan SMA melalui Authentic Problem Based Learning (APBL). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 835-841.

Amelia, R., Yuliati, L., & Muhardjito. (2013). Pengaruh Authentic Problem Based Learning (APBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. (Skripsi Pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Malang.

Arends, R. (2013). Belajar untuk Mengajar. Terjemahan Made Frida Yulia. Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Dulari. (2015). Pengembangan Media Tutorial Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Negeri 1 Malang. Makalah disajikan pada Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, Yogyakarta, 25 April 2015. Dalam hfi-diyjateng database, (Online), (http://hfi-diyjateng.or.id), diakses 16 Juni 2016.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Terjemahan Sattrio Wahono. Edisi 6. Jakarta: PT Indeks.

Hudha, M. N., Yuliati, L., & Sutopo, S. (2016). Perubahan Konseptual Fisika Dengan Authentic Problem Melalui Integrative Learning pada Topik Gerak Lurus pada SMA Suryabuana Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 733-743.

Hudha, M.N., Aji, S.D., Permatasari, A., Purnama, R.D. (2017). aPBL (authenthic Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8(1). 64-70

Hoellwarth, C., Moelter, M. J., & Knight, R. D. A (2005). Direct Comparison of Conceptual Learning and Problem Solving Ability in Traditional and Studio Style Classrooms. American Journal of Physics, (73) 459.

Izaak H. W. (2010). Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran Di Smp/Mts. Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, no. 2. Ambon: FKIP Pattimura.

Maharta, N. (2009). Analisis Miskonsepsi Fisika Siswa SMA di Bandar Lampung. (Online), (https://id.scribd.com/doc/41470237/Jurnal-Analisis-Miskonsepsi-Fisika), diakses 4 September 2016.

Mukhopadhyay, R. (2013). Problem Solving In Science Learning-Some Important Considerations of a Teacher. (Online), (http://www.iosrjournals.org/iosrjhss/papers/Vol8-issue6/C0862125.pdf), diakses 4 September 2016.

Pistanty, M.A., Sunarno, W., & Maridi. (2015). Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Polusi Serta Dampaknya Pada Manusia dan Lingkungan Siswa Kelas XI SMK Pancasila Purwodadi, 4 (2). (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains), diakses 15 Juni 2016.

Pradana, S. D. S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Masalah dan PCK (Pedagogical Content Knowledge) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Peserta Didik SMA. (Skripsi Pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Malang.

Sa’diah, H. (2012). Remediasi kesulitan Belajar Siswa Kelas XII IPA MAN 1 Pontianak pada Materi Dinamika Rotasi Menggunakan Model Learning Cycle 5E (Versi elektronik). (Online), (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/v iewFile/2177/2118), diakses 4 September 2016.

Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., & Tika, I.K. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas I SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(2): 97-104.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Pendidikan.

Zulirfan., Desmelinda, E. & Sudrajad, H. (2015). Pengembangan Perangkat Percobaan Momen Inersia dan Keseimbangan Benda Tegar Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=32307&val=2291), diakses 26 Juni 2016.


Article View

Abstract views : 988 times | PDF files viewed : 944 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/sej.v1i1.830


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Science Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.