Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Model Learning Cycle 7E untuk Siswa Sekolah Dasar

DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v1i2.1687

Author (s)


(1) * . Fembriani   (Universitas Nusa Cendana)  
        Indonesia
(2)  Muhamad Taufik Hidayat   (Universitas Muhammadiyah Surakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan bahan ajar ini difokuskan pada materi “Alat pencernaan manusia, makanan, dan kesehatan”. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar berbasis model pembelajaran Learning Cycle 7E (bahan ajar LC7E). Pengukuran validitas dilakukan dengan teknik validitas ahli dan validitas isi. Bahan ajar dikatakan valid jika mendapatkan katergori “baik” dan “sangat baik”. Tingkat validitas ahli bahan ajar LC7E berada pada kriteria valid dengan rata-rata skor 3,8 dan mencapai keberhasilan 95%. Hasil validitas isi dari 24 soal yang diberikan didapatkan data rata-rata r hitung 0,575 > r tabel 0, 514. Hal ini berarti bahan ajar tersebut dinyatakan valid.

Kata kunci: Validitas, Bahan Ajar, Learning Cycle 7E

 

ABSTRACT

The aim of this study was to find out the validity of Natural Science teaching materials for fifth grade elementary school students. The development of this teaching material includes material on “Human digestive devices, food and health”. The product developed is teaching material based on 7E Learning Cycle learning model (LC7E teaching material). Validity measurements were done by expert validity techniques and content validity. Teaching materials are legitimate if they get "good" and "very good" categories. The level of validity of LC7E teaching material is on the valid criteria with an average score of 3.8 and a 95% success. The results of the content validity of the 24 questions given by the data obtained an average of r count of 0.575> rtable 0, 514. This means that the teaching material is declared valid.

Keywords: Validity, Teaching Materials, 7E Learning Cycle



Keywords

Validitas; Bahan Ajar; Learning Cycle 7E







References


Aprialisa, M., & Mahdian, M. (2017). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Termokimia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains.

Arifin, & Anwar, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tema Udara Melalui Four Steps Teaching Material Development. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 1–11.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arlitasari, O., Budiharti, R., & Pujayanto. (2013). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 81–89.

Einsenkraft, A. (2003). Expanding the 5E Model. Journal for High School Science Educators, 70(6), 56–59.

Fauziah, U. (2016). Efektivitas Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Cahaya dan Warna dalam Pembelajaran IPA SMP. Unnes Science Education Journal, 5(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V5I2.8787

Hamdani, M. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia.

Lisma, L., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Materi Kalor Kelas X SMA. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 35. https://doi.org/10.26737/jipf.v2i2.228

Lukito, D., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berbasis Literasi Sains Bertema Perpindahan Kalor Dalam Kehidupan. Unnes Physics Education Journal, 4(3), 37–42.

Nismalasari, Santiani, & Rohmadi, H. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Journal EduSains, 4(3), 74–94.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2009). An introduction to educational design research. Educational design research: An introduction. …. Retrieved from http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:An+Introduction+to+Educational+Design+Research#5%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:An+introduction+to+educational+design+research#5%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar

Said, I. M., Sutadji, E., & Sugandi, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cooperative Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMK Se-Kota Malang Program Keahlian Teknik Ototronik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan.

Sari, F., Jufri, A. W., & Sridana. (2017). Keefektifan Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMPN 3 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, XII(2), 107–111.

Sari, I. N., Saputri, D. F., & Beno, Y. (2016). Penerapan Model Learning Cycle 5E dalam Materi Besaran Pokok dan Turunan di Klas VII SMP Ngri 1 Sengah Temila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 279–285.

Setiawan, M. A., Dasna, W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Bahan Ajar Multimedia terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa pada Matakuliah Kimia Organik I. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Sujarwo. (2018). Evaluasi Bahan Ajar dalam Bentuk Buku. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-sujarwo-mpd/contoh-evaluasi-bahan-ajar.pdf

Sururuddin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Display Model Flipchart Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 11(1), 31–52. Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/viewFile/274/pdf_3.

Yuliati, L. (2013). Efektivitas Bahan Ajar Ipa Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 53–57. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2580


Article View

Abstract views : 26 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/sej.v1i2.1687


Refbacks



Copyright (c) 2018 SEJ (Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.