Karakteristik KERS E3 (Kinetik Energi Recoveri Sistem Evolusi 3) Sebagai Pengisi Energi Listrik Kendaraan Listrik Universitas Jember

DOI: https://doi.org/10.21070/r.e.m.v1i1.168

Author (s)


(1) * Mochamad Edoward Ramadhan   (Laboratorium Desain Mekanika, Jurusan Teknik Mesin Universitas Jember Jalan Kalimantan 37 Fakultas Teknik Universitas Jember Jawa Timur)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Mobil listrik ketika berjalan memerlukan proses pengisian energi listrik dengan harapan jarak tempuh mobil listrik semakin jauh. Proses pengisian energi listrik menggunakan KERS E3 yang merupakan pengembangan KERS terdahulu yang dilakukan penelitian pada tahun 2013 dan 2014. Sehingga pada tahun 2015 dilakukan proses pengambilan respon CVT terhadap flywheel yang dipakai di  KERS E3  menggunakan motor listrik sebagai penggerak mula dengan fungsi ramp yaitu motor listrik berputar dari putaran 0 rpm sampai puncak yaitu 5640rpm. Hasil dari pengambilan respon berupa putaran flywheel dengan motor listrik berdaya 1 HP dicapai dalam waktu 15 detik. Flywheel mempunyai massa : 1.82kg, luas permukaan : 0.0596m2 , inersia :0.18472 kg.m2 dengan hasil energi kinetik rata-rata 78159,89 joule. Transmisi yang menghubungkan dari putaran mula ke flywheel menggunakan CVT konvensional. Dari proses pengambilan data yang dilakukan selama tujuh kali, Pengereman Energi Kinetik yang diberikan oleh generator (Proses Konversi Energi) terjadi dalam waktu 38 detik dengan kehilangan energi kinetik 51387.60 Joule. Sehingga kemampuan KERS generasi 3 membangkitkan energi kinetik sebesar 26772.29 Joule.



Keywords

Energi Pengereman; Energi Kinetik; Energi Bangkitan; KERS;



Full Text: PDF



References


[1] F1 KERS: Flybrid. Racecar Engineering. 2008–11–18. Diakses 2010–04–27.

[2] Flybrid Systems LLP (2010-09-10). "Flybrid Systems". Flybrid Systems. Diakses 2010-09-17.

[3] Jaferson, C. M. dan Ackerman, M. (1996), "a Flywheel Variator Energi Storage System", Energi Convers, Faculty of Engineering, University of the West of England, Frenchay Campus, Coldharbour Lane, Bristol BSI6 IQY, U.K. MGMT Vol.37, No.10, hal.1481-1491.

[4] Toyota Hybrid Race Car Wins Tokachi 24-Hour Race; In-Wheel Motors and Supercapacitors. Green Car Congress. 2007-07-17. Diakses 2010-09-17.


Article View

Abstract views : 278 times | PDF files viewed : 279 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/r.e.m.v1i1.168




Copyright (c) 2016 Rekayasa Energi Manufaktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.