IbM Guru BK SMA dan Sederajat di Kecamatan Sidoarjo

Eko Hardiansyah, Lely Ika Mariyati

Abstract


Peran  guru  bimbingan  dan  konseling  sangat  strategis  dalam  program  sekolah. Kegiatan  bimbingan  dan  konseling  memiliki  banyak  fungsi  penting  terhadap perkembangan peserta didik di sekolah yang akhirnya mengarah pada peningkatan prestasi akademik dan penurunan permasalahan perilaku peserta didik. Tujuan IbM guru BK SMA dan sederajat di Kecamatan  Sidoarjo mengarah pada perbaikan mutu layanan guru BK. Target khusus yang pertama adalah peningkatan kapasitas guru BK dalam melakukan konseling individual kelompok dengan menggunakan  choice theory. Yang kedua adalah penyediaan   buku  perkembangan   peserta  didik  sehingga   guru  BK  memiliki  sumber informasi untuk mengkomunikasikan permasalahan peserta didik dengan orang tua, kepala sekolah,  guru  mata  pelajaran,  dan  pihak  lain  seperti  psikolog  atau  psikiater  untuk penanganan  yang  berkelanjutan.  Yang  ketiga  adalah  Peningkatan  jaringan  kerja  sama antara sekolah dengan Dinkes Sidoarjo terkait layanan alih tangan (referral) pada kasus berat yang sulit ditangani sendiri oleh guru BK. Hasil yang diperoleh adalah 1) guru BK sudah mulai menggunakan konseling individual dan kelompok dalam penanganan siswa dengan basis choice theory; 2) Mereka juga sudah mulai bisa menggunakan prinsip choice theory dalam berinteraksi dengan siswa dan guru lain sehingga siswa tampak berkurang ketegangannya saat berhadapan dengan guru BK; 3) Dengan menerapkan prinsip-prinsip choice theory, guru-guru BK merasakan bahwa konseling yang dilakukan bisa lebih terarah, terstruktur, dan dampak perubahan yang lebih terlihat pada siswa yang ditangani; 4) Guru BK bisa melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan instrumen yang disediakan dalam buku perkembanan siswa; 5) Dengan adanya SOP Layanan Alih Tangan, guru bisa memiliki bayangan alur dan pihak yang perlu diajak kerja sama jika mendapatkan siswa dengan permasalahan psikologi berat yang sulit ditangani sendiri, walaupun saat ini masih belum mendapatkan kasus tersebut.


Keywords


konseling kelompok denga choice theory; sistem referal siswa didik bermasalah; permasalahan siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 69 times

References


BPS Kabupaten Sidoarjo. 2012. Banyaknya Sekolah Menurut Jenis dan Kecamatan (lanjutan). Diakses pada tanggal 26 April 2014, dari http://sidoarjokab.bps.go.id/index.php?hal=tabel&id=16

D'Rozario, V., & Romano, J.L. 2000. Perceptions of Counselor effectiveness: A Study of Two Country Groups. Counseling Psychology Quarterly, 14, 51-63.

Direktorat Tenaga Pendidik. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Depdiknas.

Eisele, Heather; Zand, Debra H.; Thomson, Nicole Renick. 2009. The Role of Sex, Self-Perception, and School Bonding in Predicting Achievement among Midle Class African American Early Adolescence. Adolescence, Libra Publisher Inc. Vol. 44 Issue 176, hal. 773-796.

Glesser, W. (2007). Glesser quality school: a combination of choice theory and the competence based classroom. Journal of Adventist Education. February/March 2007, p. 4-9.

Hardiansyah, Eko. 2013. Konseling Kelompok dengan Choice Theory untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa. Psikologia. Vol. 2, no. 2, hal. 9-18.

Lapan, Richard T., Gysbers, Norman C., Petroski, Gregory F. 2001. Helping sevent graders be safe and successful: a statewide study of the impact of comprehensive guidance and counseling programs. Journal of Counseling and Development. Vol. 79, hal. 320-330. ProQuest Nursing & Allied Health Source.

Latipun. 2008. Psikologi Konseling, ed. ketiga. Malang: UMM Press.

McLeod, John. 2008. Pengantar Konseling : Teori dan studi kasus. Jakarta: Prenada Media.

Kayler, H., & Sherman, J. 2009. At-risk ninth-grade students: A psychoeducational group approach to increase study skills and grade point averages. Professional School Counseling, 12, 434-439


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Psikologia (Jurnal Psikologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.