MANFAAT HIPNOTERAPI TERHADAP MINAT BELAJAR BAGI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Lilis Nihayah, Wahyu Retnani

Abstract


Minat belajar pada seorang siswa memegang peranan penting yang berdampak pada perilaku dan sikap. Sedangkan peran minat dalam proses belajar adalah untuk pemusatan pemikiran dan menimbulkan kesenangan tersendiri. Hipnoterapi adalah salah satu metode yang dapat digunakan sebagai sarana melakukan pemrograman ulang pikiran bawah sadar, guna memberikan sugesti belajar yang positif.

Tujuan dari hipnoterapi ini sendiri adalah meningkatkan belajar siswa kelas VI di SDN Tenggulunan. Proses hipnoterapi ini sendiri dilaksanakan dengan berbagai teknik agar bisa menjangkau pikiran bawah sadar. Karena pikiran bawah sadar memiliki pengaruh sebanyak 88% dibanding alam sadar 12%. Minat memiliki unsur kognitif, emosi, efektif.

Data yang diperoleh sebelum di lapangan adalah manfaat hipnoterapi yang sangat luas, kemudian saat dilapangan proses pelaksanaan hipnoterapi dilakukan beberapa kali agar sugesti yang diberikan bisa memiliki hasil yang diharapkan. Setelah pelaksanaan di lapangan terhadap hasil perubahan tidak hanya berpatokan pada nilai akademik saja, melainkan meliputi emosi, efektif. Sehingga ketika pelaksanaan hipnoterapi itu berhasil maka dalam pikiran bawah sadar, cara untuk menyelesaikan suatu kendala.

Faktor penting dari keberhasilan hipnoterapi adalah faktor intern dan ekstern siswa. 


Keywords


minat belajar; hipnoterapi

Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungan, Burhan. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Edisi 1 Cetakan 6. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Caprio, Frank S. 2007. Hipnotis. Jakarta : Diadit Media.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Gunawan, Adi W. 2007. Hypnotherapy. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Poerwandari, E. Kristi. 2009. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Edisi 3 Cetakan 3. Depok : LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Ketujuh. Bandung : CV. Alfa Beta.

Suryabrata, Sumadi, 1995. Psikologi Pendidikan. Edisi 1 Cetakan 4. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun. 2009. Pedoman Penyusunan Skripsi. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/psikologia.v1i1.737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Psikologia (Jurnal Psikologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Flag Counter