Pembelajaran Civic Values Melalui Mediasi Teman Sebaya pada Peserta Didik SD

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.92

Author (s)


(1) * Tri Linggo Wati   (Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah yang menjadi harapan besar bagi peserta didik dan orang tua untuk mendapatkan pengalaman belajar positif ternyata didapatkan pula pengalaman belajar yang tidak menyenangkan baik verbal maupun perlakuan fisik. Dari pengalam tersebut tidak sedikit yang menyebabkan trauma yang berkepanjangan. Dengan melakukan civic values (nilai-nilai masyarakat) pada peserta didik yaitu, pengoptimalan peran guru dan mediasi teman sebaya, yaitu dengan cara peserta didik mau mendengar dan bercerita tentang perlakuan-perlakuan yang mereka alami selama proses pembelajaran, dan kegiatan ini dilakukan sminggu sekali dengan membaca catatan-catatan yang sudah mereka tulis. Dengan dilakukannya kegiatan ini civic values pada peserta didik dapat mengatasi bullying antar teman.



Keywords

pembelajaran, civic values, mediasi teman sebaya



Full Text: PDF



References


Hughes, E.H dan Hughes, AG. 2012. Learning and Teaching. Nuansa: Bandung.

Majalahkartini.co.id/berita/kronologis-bullying-asp-siswa-sd, 08/10/2015 16:30.m.merdeka.com.

nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/10/13/nde5a5.

Slavin. Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan. Indeks: Jakarta.

Woolfolk, Anita. 2009. Education Psychology. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.


Article View

Abstract views : 403 times | PDF files viewed : 281 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v5i1.92




Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.