Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.91

Author (s)


(1) * Mika Ambarawati   (Jl. Citandui no.46 Malang)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keterampilan mengajar calon guru pendidikan matematika pada mata kuliah micro teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 10 mahasiswa angkatan 2012 Program Studi Pendidikan Matematika. Instrumen yang digunakan adalah lembar rubrik penilaian keterampilan mengajar calon guru dan rubrik penilaian RPP. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Calon guru pendidikan matematika memiliki keterampilan membuka pelajaran dengan sangat baik, tetapi  indikator menarik perhatian belum dicapai secara optimal. (2) Calon guru pendidikan matematika memiliki keterampilan menjelaskan dengan sangat baik, tetapi indikator menarik penggunaan metode  dan penguasaan kompetensi belum dicapai secara optimal. (3)  Calon guru pendidikan matematika memiliki keterampilan bertanya pelajaran dengan sangat baik. Semua indikator  keterampilan bertanya sudah dicapai, namun kurang optimal pada indikator penyebaran. (4) Calon guru pendidikan matematika memiliki keterampilan memberi penguatan dengan sangat baik, tetapi kurang optimal pada indikator variasi dalam penggunaan. (5) Calon guru pendidikan matematika memiliki keterampilan mengadakan variasi dengan sangat baik., tetapi indikator variasi dalam cara mengajar dan variasi alat atau bahan yang dapat didengar belum tercapai secara optimal. (6) Calon guru pendidikan matematika memiliki keterampilan menutup pelajaran dengan sangat baik, tetapi belum tercapai secara optimal pada indikator mengevaluasi. (7) Calon guru pendidikan matematika membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan sangat baik, tetapi belum tercapai secara optimal pada indikator metode pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran.



Keywords

analisis keterampilan mengajar, calon guru matematika, mata kuliah micro teaching



Full Text: PDF



References


Amir, M.F. 2015. Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, Volume 1 No.2, Oktober 2015 ISSN. 2443-0455.

Hasibuan dan Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajar (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Teachingrus.blogspot.co.id/2014/04/manfaat-pembelajaran-micro teaching.html?m=1. Diakses 19 Desember 2015.


Article View

Abstract views : 2300 times | PDF files viewed : 2184 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v5i1.91




Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.