Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar

Wahyu Susiloningsih

Abstract


Hasil belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku dalam pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama.Mata kuliah Konsep IPS Dasar merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi social science (ilmu sosial), social studies (studi sosial), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). IPS merupakan pembelajaran pada tingkat sekolah yang berperan mengfungsionalkan ilmu-ilmu sosial yang bersifat teoritik dalam kehidupan nyata dalam masyarakat. Model pembelajaran CTL adalah model pembelajaran yang menuntut kreatifitas guru dalam mengaitkan subject matter dengan kehidupan nyata mahasiswa guna membantu mahasiswa untuk lebih mudah memaknai materi tersebut.


Keywords


Konsep IPS Dasar, CTL, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3321 times
PDF - 1056 times

CITED


References


Amir, Mohammad Faizal. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui implementasi Pembelajaran Abad 21, 2015, 34-42.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung : Yrma Widya.

Chomsin S Widodo & Jasmadi. 2008. Pandun menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: elex Media

Johnson, Elaine. 2007 Contectual Teaching and Learning. Bandung: MLC

Komalasari, Kokom. 2010 Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama

Muslich, Masnur. 2010. Texs Book Wraiting (dasar-dasar pemahaman penulisan, dan pemakaian Buku Teks). Jogjakarta: Ar-ruzz Medias

Rasyid, Harun dan Mansyur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima

Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruz media

Trianto, 2007. Model Pembelajaran terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka Pubisher

Trianto. 2012. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: prestasi Pustaka Raya

Tjipto subroto, Waspodo dan Suhanadji. 2013. Pendidikan IPS. Surabaya: insan cendikia




Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.