- Home
- Vol 5, No 1 (2016)
- Susiloningsih
Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Author (s)
(1) * Wahyu Susiloningsih  

(Kampus II Jl. Dukuh Menanggal XII Surabaya)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Hasil belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku dalam pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama.Mata kuliah Konsep IPS Dasar merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi social science (ilmu sosial), social studies (studi sosial), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). IPS merupakan pembelajaran pada tingkat sekolah yang berperan mengfungsionalkan ilmu-ilmu sosial yang bersifat teoritik dalam kehidupan nyata dalam masyarakat. Model pembelajaran CTL adalah model pembelajaran yang menuntut kreatifitas guru dalam mengaitkan subject matter dengan kehidupan nyata mahasiswa guna membantu mahasiswa untuk lebih mudah memaknai materi tersebut.
|
Keywords
Konsep IPS Dasar, CTL, Hasil Belajar
Full Text:
PDF
References
Amir, Mohammad Faizal. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui implementasi Pembelajaran Abad 21, 2015, 34-42.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung : Yrma Widya.
Chomsin S Widodo & Jasmadi. 2008. Pandun menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: elex Media
Johnson, Elaine. 2007 Contectual Teaching and Learning. Bandung: MLC
Komalasari, Kokom. 2010 Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama
Muslich, Masnur. 2010. Texs Book Wraiting (dasar-dasar pemahaman penulisan, dan pemakaian Buku Teks). Jogjakarta: Ar-ruzz Medias
Rasyid, Harun dan Mansyur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima
Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruz media
Trianto, 2007. Model Pembelajaran terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka Pubisher
Trianto. 2012. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: prestasi Pustaka Raya
Tjipto subroto, Waspodo dan Suhanadji. 2013. Pendidikan IPS. Surabaya: insan cendikia
Cited-By
1. Contextual Teaching and Learning (CTL) Model to Students Improve Learning Outcome at Senior High School of Model Terpadu Bojonegoro
Tamam Syaifuddin, Luthfiyah Nurlaela, Sukma Perdana P
IJORER : International Journal of Recent Educational Research vol: 2 issue: 5 first page: 528 year: 2021
doi: 10.46245/ijorer.v2i5.143
Article View

Abstract views : 8972 times
| PDF files viewed : 2794 times
|
Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics
|
|
|
|
Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Cited-By
1. Contextual Teaching and Learning (CTL) Model to Students Improve Learning Outcome at Senior High School of Model Terpadu Bojonegoro
Tamam Syaifuddin, Luthfiyah Nurlaela, Sukma Perdana P
IJORER : International Journal of Recent Educational Research vol: 2 issue: 5 first page: 528 year: 2021
doi: 10.46245/ijorer.v2i5.143