Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Bermain Messy Play terhadap Anak Usia 5-6 Tahun

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.88

Author (s)


(1) * Luluk Iffatur Rocmah   (Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu kecerdasan yang perlu di kembangkan pada anak usia dini yaitu kecerdasan naturalis. Bila kecerdasan naturalis sudah ditingkatkan sejak dini pada anak-anak, maka kerusakan alam yang banyak terjadi pada saat ini dapat diminimalisir. Meningkatkan kecerdasan naturalis anak dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan melalui cara yang paling banyak disukai anak, yaitu dengan bermain messy play. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bermaksud mengkaji secara mendalam tentang penerapan bermain messy play dalam upaya meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa catatan lapangan sebagai hasil dari observasi terbuka dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil observasi sistematis terhadap aspek-aspek kecerdasan naturalis yang muncul saat kegiatan dilakukan. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, membuktikan bahwa pemberian tindakan melalui kegiatan messy play membantu meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Melalui kegiatan tersebut anak dituntut untuk memahami dan menguasai materi, maka anak tidak dapat mengerjakan  kegiatan dengan baik. Kegiatan ini mengajarkan anak dalam pembelajaran alam sesungguhnya. Anak-anak belajar dengan melihat lingkungan sekitarnya kemudian disalurkan menjadi hasil yang sesungguhnya di dalam kelas.



Keywords

kecerdasan naturalis, bermain Messy Play



Full Text: PDF



References


A. Ja’far M. Sidik, Pemanasan Global Musnahkan Situs bersejarah, 2007 (http://www.co.id/are/2007/6/16/pemanasan-global-musnahkan-situs bersejarah/)

Rakhmat Abdullah, Pilar-pilar Asasi Al-Haq dan Ahlul Haq, (Jakarta: Tarbawi Press, 2005)

Seri Ayah Bunda, Multiple Intelligences, Mengenali dan Merangsang Potensi Kecerdasan Anak, (Jakarta: PT Aspirasi Pemuda, 2003)

Thomas Amstrong, Seven Kinds of Smart, Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence, (Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama, 2002)

Thomas Armstrong, Sekolah Para Juara, (Bandung: Kaifa, 2003)

WALHI, Lelang Hutan akan Memperparah Kerusakan Hutan, 2003

Wiriaatmadja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008)

http://www.ecd.govt.nz/playgroups/learningenvironments/messyplay.html,diakses tanggal 15 Desember 2015


Article View

Abstract views : 657 times | PDF files viewed : 654 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v5i1.88




Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.