Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87

Author (s)


(1) * Kukuh Andri Aka   (Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 76 Mojoroto Kediri)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Bendo 1 tahun pelajaran 2014/2015, yaitu (1) pembelajaran cenderung berpusat pada guru, (2) pembelajaran belum memusatkan  siswa  untuk  belajar  secara  aktif (3) dalam RPP belum memaksimalkan peran siswa, kegiatan cenderung individualistik, dan penilaian masih berbasis kognitif, (4) penerapan strategi/model inovatif jarang dilakukan. Dari masalah tersebut diperlukan sebuah penelitian yang bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran PKn, meliputi aktivitas belajar siswa, baik secara afektif dan psikomotor, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dan keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran menggunakan Quantum Teaching dengan pendekatan Cooperative Learning terlihat skor keberhasilannya siklus I mencapai 93% dan 100% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 77% pada siklus I dan 86% pada siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari 79% pada siklus I dan 91% pada siklus II. Selama pembelajaran, aktivitas belajar siswa meningkat dan setelah  pembelajaran  hasil  belajar  siswa meningkat.  Karena penggunaan Quantum Teaching dengan pendekatan Cooperative Learning mampu  meningkatkan, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa sebaiknya guru menggunakan model ini pada mata pelajaran PKn dan diharapkan guru lebih sering berinovasi dengan model-model pembelajaran inovatif.



Keywords

Quantum Teaching, Cooperative Learning, Aktivitas, Hasil Belajar, PKn



Full Text: PDF



References


Akbar, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi & Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekaan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter, B. Reardon M, dan Sarah, singer-Nourie. 2010. Quantum Teaching. Jakarta : Kaifa.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Permendiknas No 19 Pasal 19 tahun 2005Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Slavin R.E.&Madden N. A.1979. School Practices That Improve Race Relations. American Reseach Educational Journal.vol. 16 no. 2 169-180.

Wena, M. (2012). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer.Jakarta: Bumi Aksara.


Article View

Abstract views : 550 times | PDF files viewed : 718 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v5i1.87




Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.