PENINGKATAN KARAKTER MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA SD DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

Enik Setyawati

Abstract


Karakter mahasiswa PGSD dapat dilihat dari berbagai aspek sikap yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, khususnya pendidik di Sekolah Dasar. Beberapa aspek tersebut adalah kejujuran, kerja sama, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian. Aspek kejujuran mahasiswa masih berkategori rendah, aspek kerja sama, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian berkategori sedang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendiskripsikan peningkatan karakter mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II, dapat diketahui bahwa terdapat kenaikan nilai karakter mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD dari siklus I ke siklus II. Nilai karakter pada siklus I sebesar 71,4, sedangkan nilai karakter pada siklus II sebesar 98,5. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 27,1 dari seluruh indikator karakter yang ditunjukkan oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD.

Keywords


Karakter; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Aqip,Zainal.(2013).Model-model,Media,dan Startegi Pembelajaran Konstektual (Inovatif).Bandung:Yrama Widya.

Badan Standar Nasional Pendidikan.(2007). Standar Penilaian Pendidikan dan Standar Pengelolaan Pendidikan.Jakarta:BP. Cipta Jaya.

Depdiknas.(2006).Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta:Depdiknas.

Furqon.(2004).Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Jatmiko,Budi,&Rachmadiarti Fida.2005.Penelitian Tindakan Kelas (PTK). UNESA:Depdiknas.

Suparman,Atwi.(1984).Mengidentiftkasi Kcbutuhan Pcndidikan dan Latihan.Jakarta: Lcmbaga Pcngcmbangan Pcrbankan Indonesia.

Wiyani, Novan Ardi.(2012) Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.