MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING

Machful Indra Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah penerapan active learning pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas A2 semester 2 PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 mahasiswa, 3 mahasiswa laki-laki dan 33 mahasiswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan ketuntasan hasil perkuliahan mahasiswa dengan ketuntasan siklus I mencapai 72% (26 mahasiswa) meningkat pada siklus II menjadi 86% (31 mahasiswa). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan, bahwa penerapan strategi active learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan.


Keywords


Hasil belajar; Pendidikan Kewarganegaraan dan Strategi Active Learning.

Full Text:

PDF

References


Ari Samadhi. (2009). Pembelajaran Aktif (Active Learning). Jakarta:Teaching Improvement Workshop, Enginering Education Development Project.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Depdiknas.

Muhammad Numan Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya

Miftahul, Huda. (2011). Cooperative Learning :Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nana Sudjana. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Niswatul Lailah. (2003). Konsep Dasar Active Learning dan Relevansinya dengan Pengajaran Muhadatsah. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003).Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wiriaatmadja, Rochiati.(2010).Metode Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Rosda.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.