Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Author (s)


(1) * Machful Indra Kurniawan   (Kampus I Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Globalisasi memberikan dampak positif dan negatif bagi setiap warga negara indonesia. namun, tidak setiap warga negara menyikapi dampak negatif globalisasi dengan baik. Terjadinya penurunan kuwalitas moral bangsa merupakan salah satu dampak negatif dari globalisasi.Pemerintah tampaknya sudah mulai sadar akan pentingnya  nilai moral bagi sebuah bangsa, hal tersebut dapat  terlihat dengan digalakannya pembangunan moral bangsa melalui pendidikan karakter dalam sistem pendidikan nasional sejak tahun 2010 hingga saat ini yang diintegrasikan dalam kurikulum 2013.Tri pusat pendidikan merupakan sarana yang tepat dalam membentuk karakter anak, terutama anak sekolah dasar. pembentukan karakter anak sekolah dasar dapat dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai karakter secara konsisten baik ketika anak berada dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Dengan adanya konsistensi tersebut, karakter yang diharapkan dapat tertananam dengan baik sehingga terbentuk kakrakter yang baik.



Keywords

Tri Pusat Pendidikan, Pendidikan Karakter



Full Text: PDF



References


Ahmadi, Abu. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

an-Nawawi, Adurrahman. 1989.Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam: Dalam Keluarga, Di Sekolah dan Di Masyarakat. Bandung: cv. Dipenogoro Cahaya.

Winarno Surakhmad, dkk. 2003. Mengurai Benang Kusut Pendidikan.Jakarta:Transformasi.

Hasan Said Hamid, dkk. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa: Jakarta: Kemendiknas.

Khairuddin. 1985.Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Nur

Soekanro. Soerjono.1992.Sosiologi Keluarga: Tantangan Ikhwal Keluarga Remaja dan Anak. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sugianto. 2010. Model-model Pembeljaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Suharjo.2006.Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar teori dan praktek. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Sistem pendidikan nasional. Jakarta: CV. Eko Jaya


Article View

Abstract views : 7477 times | PDF files viewed : 15039 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v4i1.71




Copyright (c) 2015 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.