Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Author (s)


(1) * Machful Indra Kurniawan   (Kampus I Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Globalisasi memberikan dampak positif dan negatif bagi setiap warga negara indonesia. namun, tidak setiap warga negara menyikapi dampak negatif globalisasi dengan baik. Terjadinya penurunan kuwalitas moral bangsa merupakan salah satu dampak negatif dari globalisasi.Pemerintah tampaknya sudah mulai sadar akan pentingnya  nilai moral bagi sebuah bangsa, hal tersebut dapat  terlihat dengan digalakannya pembangunan moral bangsa melalui pendidikan karakter dalam sistem pendidikan nasional sejak tahun 2010 hingga saat ini yang diintegrasikan dalam kurikulum 2013.Tri pusat pendidikan merupakan sarana yang tepat dalam membentuk karakter anak, terutama anak sekolah dasar. pembentukan karakter anak sekolah dasar dapat dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai karakter secara konsisten baik ketika anak berada dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Dengan adanya konsistensi tersebut, karakter yang diharapkan dapat tertananam dengan baik sehingga terbentuk kakrakter yang baik.



Keywords

Tri Pusat Pendidikan, Pendidikan Karakter



Full Text: PDF



References


Ahmadi, Abu. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

an-Nawawi, Adurrahman. 1989.Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam: Dalam Keluarga, Di Sekolah dan Di Masyarakat. Bandung: cv. Dipenogoro Cahaya.

Winarno Surakhmad, dkk. 2003. Mengurai Benang Kusut Pendidikan.Jakarta:Transformasi.

Hasan Said Hamid, dkk. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa: Jakarta: Kemendiknas.

Khairuddin. 1985.Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Nur

Soekanro. Soerjono.1992.Sosiologi Keluarga: Tantangan Ikhwal Keluarga Remaja dan Anak. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sugianto. 2010. Model-model Pembeljaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Suharjo.2006.Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar teori dan praktek. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Sistem pendidikan nasional. Jakarta: CV. Eko Jaya


 

Cited-By

1. Are Clinical Predictors of Oral Malignancy Risk Changing? A Sample Study
Nezaket Ezgi Özer, Betül Karaca, Ceyda Gürhan, Hayal Boyacıoğlu, Umut Aykutlu, Pelin Güneri
Meandros Medical and Dental Journal  vol: 23  issue: 2  first page: 175  year: 2022  
doi: 10.4274/meandros.galenos.2021.16046

2. Islamic Education in Early Childhood: Cooperation between Parents and School To Build Character in Disruption Era
Burhan Nudin
Millah  vol: 20  issue: 1  first page: 1  year: 2020  
doi: 10.20885/millah.vol20.iss1.art1

3. Educational Policy
Musbaing Musbaing
International Journal of Asian Education  vol: 1  issue: 2  first page: 53  year: 2020  
doi: 10.46966/ijae.v1i2.35

4. Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik
Machful Indra Kurniawan
Pedagogia : Jurnal Pendidikan  vol: 4  issue: 2  first page: 121  year: 2015  
doi: 10.21070/pedagogia.v4i2.14

5. Metode Resitasi: Analisis Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar
Qonita Luthfiah, Dewi Sartika, Mashellin Wulandari
Integrated Science Education Journal  vol: 2  issue: 3  first page: 84  year: 2021  
doi: 10.37251/isej.v2i3.177

Article View

Abstract views : 23470 times | PDF files viewed : 26141 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v4i1.71




Copyright (c) 2015 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Cited-By

1. Are Clinical Predictors of Oral Malignancy Risk Changing? A Sample Study
Nezaket Ezgi Özer, Betül Karaca, Ceyda Gürhan, Hayal Boyacıoğlu, Umut Aykutlu, Pelin Güneri
Meandros Medical and Dental Journal  vol: 23  issue: 2  first page: 175  year: 2022  
doi: 10.4274/meandros.galenos.2021.16046

2. Islamic Education in Early Childhood: Cooperation between Parents and School To Build Character in Disruption Era
Burhan Nudin
Millah  vol: 20  issue: 1  first page: 1  year: 2020  
doi: 10.20885/millah.vol20.iss1.art1

3. Educational Policy
Musbaing Musbaing
International Journal of Asian Education  vol: 1  issue: 2  first page: 53  year: 2020  
doi: 10.46966/ijae.v1i2.35

4. Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik
Machful Indra Kurniawan
Pedagogia : Jurnal Pendidikan  vol: 4  issue: 2  first page: 121  year: 2015  
doi: 10.21070/pedagogia.v4i2.14

5. Metode Resitasi: Analisis Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar
Qonita Luthfiah, Dewi Sartika, Mashellin Wulandari
Integrated Science Education Journal  vol: 2  issue: 3  first page: 84  year: 2021  
doi: 10.37251/isej.v2i3.177