PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I MELALUI MEDIA APLIKASI BAMBOOMEDIA BMGAMES APPS

Cahyo Hasanudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media aplikasi bambomedia BMGames apps pintar membaca dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca permulaan  siswa kelas I MI Muhammadiyah 27 Geger, (2) mengetahui peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I MI Muhammadiyah 27 Geger dengan menggunakan media aplikasi bambomedia BMGames apps pintar membaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan media aplikasi Bambomaedia BMGames Apps pintar membaca pada pembelajaran membaca permulaan kelas I MI Muhammadiyah 27 Geger dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa di setiap indikator pada siklus I dan II, (2) peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran membaca permulaan dapat dilihat dari rerata pratindakan 54,67%, siklus I, 72,00% dan siklus II, 81,33% sedang, keterampilan siswa dalam membaca permulaan mengalami peningkatan dari rerata pratindakan 59,33% kemudian pada siklus I, 71,33 % dan siklus II, 85,33%  telah mencapai batas ketuntasan (KKM ≥ 70).

Keywords


Motivasi; Keterampilan Membaca Permulaan dan Bambomedia BMGames apps

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti dkk. 1992. Bahasa Indonesia Kelas I. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, S.,Suhardjono, & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Hasanudin, Cahyo. 2016. Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sd Menghadapi MEA. Jurnal Pedagogia. 5 (1):1-12.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Putra, R. Masri Sareb. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Rodriguez, Jackeline Ospina. 2006. Motivation, the Engine of Learning. Journal: Revista Ciencias de la Salud. 4 (1): 158-160.

Setyowati, Endang. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kotak Misteri pada Anak. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang. 2 (2):21-35.

Sumantri, Mulyani dkk. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Tarigan. 2008. Membaca Menulis Permulaan. Jakarta: Depdikbud.

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.