ANALISIS KELAYAKAN BUKU SISWA KELAS IV TEMA MAKHLUK HIDUP KURIKULUM 2013

Delora Jantung Amalia

Abstract


Tujuan pendidikan di Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang telah dipaparkan dalam pembukaan UUD 1945, “yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa” agar tercapai tujuan pendidikan maka dilakukan pembangunan nasional dibidang pendidikan secara menyeluruh, terus menerus, dan berkesinambungan. Pembangunan dibidang pendidikan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas bangsa. Bangsa yang berkualitas adalah bangsa yang maju akan pendidikannya.  Pada kurikulum 2013 pembelajaranya yang semula menganut pembelajaran bermuatan mata pelajaran menjadi pembelajaran tematik.

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif yang  bersifat deskriptif. Menurut Bodgan dan Taylor sebagaimana dikutip   Lexy   Moleong, 2004:4  menyatakan   bahwa   penelitian kualitatif  merupakan    penelitian  yang  menghasilkan  data deskriptif  berupa  kata-kata  tertulis  atau  lisan  dari  orang–orang  dan  perilaku  yang  diamati.

Hasil pembahasan pada penelitian ini adalah: Pada dimensi spiritual adalah 45,00% dalam kategori kurang layak dikarenakan banyak kegiatan yang kurang menekankan pada kalimat yang mengandung unsur spiritual. Pada usnur spiritual ini bebas dari unsur SARA, pornografi. Pada dimensi sosial dinilai sangat tinggi menampilkan aspek sosial yang mencapai 100% sangat layak, hampir setiap kegiatan. Pada dimensi pengetahuan presentase yang di peroleh 87,5% sangat layak untuk digunakan oleh siswa serta Pada dimensi keterampilan 83% sangat layak dalam hal penalaran, pemecahan masalah.

Keywords


Analisis; Buku Siswa; Kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2012. Panduan Praktik: Implementasi dan Pengembangan Model-Model Pembelajaran Aktif Rumpun Sosial. Malang : Diktat tidak diterbitkan.

Bonawati, Eva. 2007. Buku teks dalam Pembelajaran di Kota Semarang. Jurnal Geografi 4.

Lexy J. Moleong. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Remadja Karya Nasution. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2012 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogjakarta: Diva Press.

Suharsismi Arikunto. 2010. Prosedur Pnelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: RinekaCipta.

Tarigan, H.G. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.