MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI ANAK

Evi Rizqi Salamah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa yang disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang dapat merangsang ide siswa dalam proses pembelajaran puisi, sehingga keterampilan siswa dalam menulis puisi dinilai rendah. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, peneliti menggunakan media cerita bergambar dalam menulis puisi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, teknik tes dan catatan lapangan. Analisis data kualitatif dan kuantitatif dilakukan terhadap data aktivitas guru dan hasil tes belajar siswa, sedangkan catatan lapangan hanya sebagai data pendukung untuk medokumentasikan kejadian-kejadian yang terjadi selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil data analisa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan siswa telah mampu menulis puisi dengan baik. Selain itu, kendala-kendala dalam pembelajaran dapat diatasi dengan menegakkan aturan pembelajaran berupa sanksi dan penghargaan

Keywords


Media; Cerita Bergambar; Keterampilan Menulis Puisi.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti dkk. 1991. Bahasa Indonesia II. Jakarta: Depdikbud.

Ampera, Tufik. 2010. Pengajaran Sastra (Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas). Bandung: Widya Padjadjaran.

Arikunto, Suharsimi.1993.Penelitian Tindakan Kelas.Bandung : Rineka cipta.

________________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan keterampilan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud.

Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pressindo.

Jelatu, Simoen. 2011. Pemanfaatan Media Gambar Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V-A SDN Kebraon I/469 Surabaya. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa.

Tim Redaksi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Depdiknas.

Nur’aini Umri dan Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD Kelas V-A. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan nasional.

Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1997. Puisi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahayu, Sri dan Yanti Sri. 2009. Babhasa Indonesia untuk SD/MI Kelas V-A.Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Ridwan dan Sunarto.2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Riyadh, Sa’ad. 2011. Melatih Otak dan Komunikasi Anak (Meningkatkan Kecerdasan dan Keterampilan Anak Lewat Cerita). Jakarta: Akbar Media.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, Aries. 2009. Ice Breakers for Teachers (Seri 1). Surabaya: Eduvision.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Indeks.

Subana dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Berbagai Pendekatan Metode, Teknik dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukino.2010. Menulis Itu mudah (Panduan Praktis Manjadi Penulis Handal). Yogyakarta: PT. LKiS Printing Cemerlang.

Supriyadi.2006. Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integratif di Sekolah Dasar.Jakarta:Depdiknas.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Sulilo, Herawati dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.

Syamsudin, dkk. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Action Classroom Research ) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Wibawa, Basuki dan Farida Mukti. 1991. Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Winarsunu, Tulus. 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan.Malang : UMM Press.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.