KAJIAN MINAT MEMBACA SISWA TERHADAP KARYA SASTRA

Vidya Mandarani

Abstract


Upaya untuk meningkatkan minat baca sangatdiperlukan untuk menumbuhkan minat bacasebagai kebiasaan dari anak-anak sampai dewasa. Penelitian ini adalah untuk mengetahui minat membaca siswa terhadapkarya sastra, diharapkan bahwa kita dapat memberikan fasilitas kepada anak-anak untuk memilih literatur buku anak-anak yang menjadi favorit untuk meningkatkan minat membaca. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo yang bertujuan untuk mengetahui minat bagaimana siswa dalam membaca sastra. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif, dengan populasi siswa dari SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas lima SD siswa sekolah SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode atau teknik kuesioner, wawancara dan observasi. Hasil penelitian sebagian besar siswa suka membaca buku gambar atau komik, dengan kepemilikan buku 6-15 buku. Para siswa menghabiskan waktu membaca selama 0-60 menit sehari.

Keywords


Minat baca; Sastra Anak; Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Koswara, E. ed. 1998. Dinamika Informasi Dalam Era Global. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Purnomo, Hinda. 1998. Pembinaan Minat Baca di Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara

Rahman, Abd. 1985. Minat Baca SD di Jawa Timur. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta: Depdikbud.

Ratnasari, Yunita. (2011). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Bojongsari 1 Kabupaten Purbalingga. Skripsi Sarjana pada FIP UNY Yogyakarta.

Saxby, Maurice. 1991. “The Gift Wings: The Value of Literature to Children”, dalam Maurice Saxby and Gordon Winch (ed). Give Them Wings, The Experience of Children’s Literature. Melbourne: The mkacmillan Company.

Tarigan, H., G. (1995). Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.