PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC APPROACH

Fitroh Setyo Putro Pribowo

Abstract


Pendekatan ilmiah merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum 2013. Hal itu mendorong LPTK untuk menghasilkan calon guru yang memahami esensi dari kurikulum 2013. Berdasarkan aktivitas pengamatan dan motivasi siswa yang rendah untuk belajar ilmu. LKS diasumsikan bahan ajar dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (riset dan pengembangan). Pengembangan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap utama atau tahap: 1) menganalisis, 2) desain, 3) mengembangkan, 4) melaksanakan, 5) Evaluasi. berorientasi pada hasil pengembangan LKS IPA 1 aprroach oleh ahli teknologi pembelajaran ilmiah diperoleh skor V = 87,5 (sangat valid), sedangkan kepraktisan produk memperoleh skor V = 71,5 dengan kriteria kepraktisan cukup baik. Efektivitas produk yang dinilai dengan peningkatan aktivitas dan motivasi siswa. Aktivitas siswa memperoleh skor 73,21 dengan kategori aktif serta motivasi untuk studi yang memperoleh skor 63,94 dengan kategori cukup baik. lembar kerja siswa yang dihasilkan memenuhi unsur yang valid, praktis, dan efektif.

Keywords


Scientific Approach; Bahan Ajar; LKS; IPA

Full Text:

PDF

References


A Azhar, 2002 “Media Pembelajaran” Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

A, Sa’dun dan H, Sriwiyana. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media Alfabeta.

Chiapetta, E.L. & Koballa T.R.2101. science instruction in the midle and secondary scholl : developing fundamental knowledge and skill, seventh edition.Boston : Allyn and Bacon.

Collette, A.T, Chhiapetta, E.L. 1994. Science instruction in the middle and secondary schools. New York : Macmillan Pub.Co.

Dwiyogo, Wasis D. 2004. Konsep Penelitian dan Pengembangan. Universitas Negeri Semarang.

Kemendikbud. 2013. Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 SD/MI Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan, kebudayaan dan penjaminan mutu pendidikan.

Majid, A. 2014. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman., 2001, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Penerbit PT Raja. Grafindo Persada.

Sudjana N, 2011“Media pengajaran penggunaan dan pembuatannya”, Bandung: Sinar Baru.

Sugihartono, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung:Alfabeta.

Widiyarini. A, Wilujeng. 2015. Pengembangan LKS IPA Berbasis scientific Approach untuk mengoptimalkan learning outcome siswa MTS Kelas VII. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.