PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA SEMESTER I PGSD UM SURABAYA PADA MATA KULIAH PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN

Lilik Binti Mirnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata kuliah pengantar manajemen pendidikan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa semester I PGSD UM Surabaya Tahun Akademik 2016/2017. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif yang ditinjau dari sudut perolehan nilai tes kreativitas atau kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Indikator kreativitas terdiri dari fluent, flexible, dan original yang skor atau nilainya dijumlahkan dan dianalisis menggunakan uji t-2 sampel independent. Pada uji validitas diperoleh r-hitung ≥ r kritis (0,334), yaitu item 1=0,937 dan item 2=0,885 maka instrument dikatakan valid dan dapat digunakan. Pada uji reliabel r-hitung > r kritis (0,60), yaitu nilai Alpha sebesar 0,781 yang berarti lebih besar dari 0,60. Dengan demikian keseluruhan item instrumen adalah reliabel. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui dari data yang telah dianalisis dengan t hitung 5,222 > t-tabel 2,00 (α = 0,05). Dapat disimpulkan bahwa dengan tingginya harga t-hitung sebesar 5,564 memiliki taraf signifikan 0,000 yang ternyata kedudukannya masih jauh berada di bawah nilai α = 0,05. Dengan demikian penelitian ini berhasil menolak
pada taraf signifikan 5%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas atau kemampuan berfikir kreatif mahasiswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh positif terhadap kreativitas atau kemampuan berfikir kreatif mahasiswa.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation; Kreativitas Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Aedi, Nur. 2016. Dasar-dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Gosyan Publising.

Freeman, Diane Larsen. (2000). Techniques and Principles in Language Teaching. New York: Oxford University Press.

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. 2006. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Prihatin. 2008. Konsep Pendidikan. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning, Teori Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Talajan, Guntur. 2012. Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: Laks Bang Pressindo.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.