Penggunaan Metode Penugasan atau Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III dalam Memahami Konsep Mengenal Pecahan Sederhana

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.57

Author (s)


(1) * Suparti Suparti   (SDN Ganding 1 Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam pembelajaran matematika agar mudah dimengerti siswa, proses penalaran deduktif digunakan untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki siswa. Langkah-langkah tersebut memerlukan partisipasi aktif dari siswa melalui metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran sehingga siswa akan benar-benar memahami konsep, tidak hanya sekedar menghafal. Metode resitasi (penugasan) menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran, dimana penyajian pelajaran dengan cara guru memberi tugas tertentu dalam waktu yang telah ditentukan dan siswa mempertanggungjawabkan tugas yang dibebankan kepadanya. Melalui penggunaan metode resitasi (penugasan), diharapkan hasil belajar siswa kelas III dalam memahami konsep mengenal pecahan sederhana dapat meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Ganding 1 sebanyak 20 orang. Penelitian menggunakan metode observasi dan tes. Untuk metode observasi ditulis dengan rumus prosentase, sedangkan metode tes dihitung dengan mencari nilai rata-rata, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode penugasan atau resitasi dalam proses pembelajaran matematika sudah tergolong sangat baik, dengan nilai  persentase yang muncul yaitu 100%. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang juga mengalami peningkatan nilai rata-rata tes belajar, dari 63 (siklus I) menjadi 82 (siklus II), dan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 60% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode penugasan atau resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada materi memahami konsep mengenal pecahan sederhana di SDN Ganding 1 Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep tahun pelajaran 2012/2013.


Keywords

metode penugasan (resitasi) dan hasil Belajar matematika



Full Text: PDF



References


Ali, Mohammad. (1992). Konsep dan Penerapan CBSA dalam Pengajaran. Bandung: Sarana Pancakarya.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hasibuan, JJ., Moedjiono. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remadja Rosdakarya.

Hudoyo, Herman. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang, 2001.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta..

Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara 1995

Nuryani, R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang

Purwanto. 2011. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta. Pustaka belajar.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Russeffendi. E.T. 1980. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG. Bandung : Tarsito

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar Dalam system Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supriyanto, Agus. 2009. Teori dan Aplikasi PAIKEM . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka

User, Moh., Usman., Setiawati, Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Winataputra, U. S. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka


Article View

Abstract views : 1534 times | PDF files viewed : 483 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v3i1.57




Copyright (c) 2014 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.