Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.56

Author (s)


(1) * Misnawi Misnawi   (Jl. Sumur anyar Ellak laok Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswanya. Selain itu, media pembelajaran juga dapat mendorong keaktifan siswa di kelas, salah satunya melalui pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media pembelajaran. Dengan adanya LKS siswa dapat memahami materi pelajaran secara keseluruhan dengan lebih mudah. Di samping itu, untuk memotivasi belajar siswa yang diharapkan akan meningkatkan pencapaian hasil belajar yang optimal, yang berpengaruh pada prestasi yang dicapai. Penelitian ini mencoba menganalisis masalah pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN Ellak Laok V Kecamatan Lenteng Sumenep, dengan subyek sebanyak 22 orang, dengan menggunakan metode penelitian observasi dan tes. Untuk metode observasi ditulis dengan rumus prosentase, sedangkan untuk metode tes dihitung dengan mencari nilai rata-rata (mean), kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan LKS oleh guru dan siswa sudah termasuk kriteria baik. Hal ini dapat dilihat dari angka prosentase aktivitas guru yang mengalami peningkatan dari 55,6% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Sedangkan untuk aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari prosentase sebesar 57,14% pada siklus I menjadi 92,86% pada siklus II. Adapun pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika juga menunjukkan peningkatan nilai rata-rata, yaitu dari nilai 66,5 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar memperoleh nilai ≥ 65 sebanyak 13 orang pada siklus I menjadi 78,59 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar memperoleh nilai ≥ 65 sebanyak 20 orang dari jumlah siswa 22 orang pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN Ellak Laok V Kecamatan Lenteng Sumenep.



Keywords

Lembar Kerja Siswa dan Prestasi Belajar Matematika



Full Text: PDF



References


Arikunto, Suharsimi. (1992). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawir dan Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriani, Ida., Rustiyarso., Okianna. 2013. Analisis Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosisologi di SMA. :FKIP Untan.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hudoyo, Herman. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang, 2001.

Lalu, Muhammad Azhar. 1997. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA, Surabaya: Usaha Nasional.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenagkan. Yogyakarta: Diva Pres.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Susdamayanti, Rini 2006. Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bidang Studi Matematika Siswa Kelas V SDN Karangpilang III/445 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Vebrianto, S.T. 1985. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.


Article View

Abstract views : 624 times | PDF files viewed : 258 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v3i1.56




Copyright (c) 2014 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.