KOLABORASI MODEL FUN-N-PICK DAN TEAM GAME TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM

Arief Rahman Hakim

Abstract


Salah satu upaya untuk meningkatkan harga diri (self esteem) siswa di sekolah adalah melalui optimalisasi pembelajaran kooperatif dengan mengkolaborasikan model fun-n-pick dan team game tournament. Dimana kedua model ini saling mendukung satu sama lain, namun tetap terpisah dan tidak menjadi suatu model yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan apakah penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model Fun-n-pick dan team game tournament dapat meningkatkatkan harga diri (self esteem) pada siswa kelas VI SDN Putat Kidul 01 Kecamatan Gondanglegi dan mendeskripsikan hambatan yang dihadapi serta dukungan yang diperoleh dalam mengimplementasikan kolaborasi model fun-n-pick dan team game tournament.

Melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus penelitian dan siswa kelas VI SDN Putat Kidul 01 Kecamatan Gondanglegi dengan jumlah siswa 30 orang sebagai subjeknya. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa dokumentasi dan angket. Sumber data diperoleh langsung dari siswa yang diberi tindakan di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model Fun-N-Pick dan team game tournament dapat meningkatkatkan harga diri (self esteem) siswa di sekolah, dan secara garis besar hambatan dalam penelitian ini ditemukan pada siklus I, akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dan menjadikan sebuah dukungan dalam mengimplementasikan kolaborasi model fun-n-pick dan team game tournament.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif; Self Esteem

Full Text:

PDF

References


Amanah, S. 2009. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif TPS, Jigsaw kombinasi dengan Setrategi Metakognitif dan Kemampuan Akademik terhadap Kesadaran Metakognitif, Ketrampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang Program Pasca Sarjana.

Arikunto & Suhardjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bloom, B.S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives. Published Simultaneously in The Dominion Of Canada

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Irmayanti, A. 2009. Hubungan antara Media Exposure dan Tingkat ketidakpuasan Remaja Wanita terhadap Body Dissatisfaction dan Self Esteem. Thesis tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Indonesia Program Pasca Sarjana

Kagan, S & Miguel. K. 2009. Kagan Cooporative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Moleong, L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Snider, B. 2001. The Impact of Group Processing Cooperative Learning Groups. The Journal of Social Psychology, 126(3), 389-397.

Slage, D. R. 2007. The Use Cooperative Learning to Promete Academic Achievement, Self-Esteem, and Inter-Group Relations In High School Social Studies Class. Thesis. USA: Deviance College

Slavin, E. R. 2005. Cooperative learning. Bandung: Nusa Media.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperatif learning. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.