Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.54

Author (s)


(1) * Jatminika Ningsih Alani Mikaningsih   (SDN Ganding 1 Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Bagaimana mengoptimalkan hasil belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa adalah tugas seorang guru. Untuk itulah, dalam proses pembelajaran guru harus mampu menggunakan berbagai model dan metode dalam proses pembelajarannya di kelas. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) juga tidak lepas dari kecenderungan proses pembelajaran teacher centered, proses pembelajaran lebih banyak dikuasai oleh guru. Hal inilah penyebab utama rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Terkait belum optimalnya hasil belajar IPS, dialami pula oleh siswa kelas II SDN Ganding 1 Sumenep. Untuk itu, peneliti selaku guru berupaya untuk menggunakan metode Quantum Teaching sebagai salah satu alternatif pembelajaran bermakna yang bermuara pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga diharapkan hasil belajar yang diperoleh siswa juga meningkat. Ada lima prinsip yang mempengaruhi seluruh aspek metode Quantum, yaitu segalanya berbicara, segalanya bertujuan, pengalaman sebelum pemberian nama, akui setiap usaha, jika layak dipelajari maka layak pula dirayakan.Penelitian ini berlangsung di SDN Ganding 1 Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep yaitu pada siswa kelas II berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa penerapan Metode Quantum Teaching dengan kerangka TANDUR dalam pembelajaran IPS dapat memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN Ganding 1 Sumenep yaitu pada materi Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga. Hal ini ditandai oleh peningkatan hasil evaluasi unjuk kerja kelompok pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 63, pada siklus II meningkat mencapai 88,3. Kemudian hasil nilai rata-rata pada dua kali pos tes juga menunjukkan peningkatan dari 75,5 menjadi 98. Selain itu, melalui penerapan metode quantum teaching, keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan. Hal ini terbukti pada saat proses pembelajaran berlangsung, pada siklus II sebagian besar siswa (89%) berpartisipasi secara aktif dalam keompok.


Keywords

metode quantum teaching, hasil belajar



Full Text: PDF



References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Magfiroh, Umi. 2009. Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Matematika “Luas Permukaan Bangun Ruang” Melalui Metode Kuantum (Quantum Teaching) “Tehnik Tandur” Siswa Kelas VI SDN Tawangsari I Pujon Tahun Pelajaran 2008/2009. Malang: Dinas Pendidikan (PTK tidak dipublikasikan).

Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pribadi, Benny A. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Dian Rakyat.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC

Wardhani, Igak, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yonny, Acep. Dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia


Article View

Abstract views : 386 times | PDF files viewed : 178 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v3i1.54




Copyright (c) 2014 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.