Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.52

Author (s)


(1) * Heriyanto Heriyanto   (Pinggir Papas Kec. Kalianget Kab. Sumenep)
(*) Corresponding Author

Abstract


Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang kompleks, produktif dan ekspresif, karena penulis harus terampil menggunakan grofologi, struktur bahasa dan memiliki pengetahuan bahasa yang memadai, untuk itu perlu dilatih secara teratur dan cermat sejak kelas awal SD. Karangan sebagai salah satu hasil karya menulis, merupakan hasil pekerjaan dari mengarang. Menulis karangan dalam penelitian ini adalah menulis karangan narasi. Salah satu masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah kesulitan siswa dalam menulis karangan yang baik dan benar, yang juga terjadi pada siswa kelas IVA SDN Pinggir Papas 1. Pembelajaran menulis karangan dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture  diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam hal menulis karangan. Untuk itu, dilakukan penelitian terhadap siswa kelas IVA SDN Pinggir Papas I Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep yang berjumlah 33 siswa. Penelitian dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan” ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari tahap rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa nilai hasil LKS dan kuis individu berupa menulis karangan, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta penilaian penggunaan model pembelajaran kooperatif picture and picture, juga hasil respon siswa. Dari hasil analis menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IVA SDN Pinggir Papas 1. Peningkatan ini terjadi pada nilai rata-rata LKS, yaitu dari 55 menjadi 71,6. Adapun hasil karangan individu siswa dari rata-rata 56,7 dengan ketuntasan 55% menjadi 74,5 dengan ketuntasan mencapai 88% atau terjadi peningkatan sebesar 33% dari siklus I.


Keywords

menulis karangan, model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, prestasi belajar bahasa indonesia



Full Text: PDF



References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

DEPDIKBUD. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Haryadi & Zam Zami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogjakarta : Depdikbud Ditjen Dikti.

Kurniati, dkk. 2013. Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Semester Genap Di Gugus I Kecamatan Buleleng. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penenelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saktyowati, D. O. 2011. Meningkatkan Mutu Pendidik Dalam Pembelajaran Sains . Jakarta: Ghina Walafafa.

Santoso, Puji, dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Teori & PraktekPrestasi. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Wardhani, I., Wihardit, K. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article View

Abstract views : 1951 times | PDF files viewed : 480 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v3i1.52




Copyright (c) 2014 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.