Implementasi Pembelajaran Berbasis masalah untuk Meningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.51

Author (s)


(1) * Abd. Mutallib   (Pinggir Papas Kec. Kalianget Kab. Sumenep)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada hakikatnya, belajar adalah suatu proses kejiwaan atau peristiwa pribadi yang terjadi di dalam diri setiap individu. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa, belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang baik, tetapi pengalaman belajar yang lebih menunjukkan kaitan unsur konseptual akan menjadikan proses belajar lebih efektif. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI adalah kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang bertujuan meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari tahap rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas VIA SDN Pinggir Papas 1 Kec. Kalianget Kab. Sumenep. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran berbasis masalah dan hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIA. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes hasil belajar dalam setiap siklus. Yaitu dari pra siklus (60,4), siklus I (67,02), dan siklus II (76,82), serta ketuntasan belajar siswa meningkat mulai dari pra siklus (24,3%), siklus I (40%), dan siklus II (86,48%).



Keywords

pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajar



Full Text: PDF



References


Arikunto, S. Dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarata: Bumi Aksara

Arikunto, S. Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Prosesdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarata: Rineka Cipta.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang. Suhana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Purwanto, Iwan. 2009. Efektivitas Metode Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI pada Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2008/2009. Bangkalan: PTK (Tidak dipublikasikan).

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada

Saktyowati, D. O. 2011. Meningkatkan Mutu Pendidik dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. A2007. Interaksi dan Motivasi Semangat Belajar Mengaar. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto 2011. Penelitian tindakan kelas teori dan praktek prestasi. Jakarta. Prestasi pusaka yraya.


Article View

Abstract views : 2805 times | PDF files viewed : 903 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v3i1.51




Copyright (c) 2014 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.