Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50

Author (s)


(1) * Rifki Afandi   (Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan lingkungan hidup merupakan usaha melestarikan lingkungan dengan mengajarkan di sekolah secara formal. Pendidikan lingkungan hidup bukanlah suatu bidang studi yang berdiri sendiri. Namun, dapat di integrasikan ke dalam suatu bidang studi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pustaka dengan metode studi dokumen. Hasil penelitian bahwa pendidikan lingkungan hidup dapat di integrasikan ke dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar melalui 6 standar kompetensi dasar. Pendidikan lingkungan hidup dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber pembelajaran akan menciptakan sekolah hijau.


Keywords

pendidikan lingkungan, pembelajaran IPS, sekolah hijau



Full Text: PDF



References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta: Rineka Cipta. Barlia, Lily. 2008. Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press. BNPB. 2011. Materi presentasi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang disampaikan dalam Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup. On Line www.Menlh.go.id. di akses 11 Mei 2012. Bada Standar Nasional Pendidikan. 2006. Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta. Depdiknas. Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Handoyo, B. 2002. Model Sekolah Hijau Berbasisi Sekolah Setempat di Sekolah Dasar Sekitar Sungai Bango Sawojajar malang. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Malang: Lemlit Universitas Negeri Malang Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Hatta, M. Gusti. 2010. Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup. On Line www.Menlh.go.id. di akses 13 Mei 2012. Kompas. 2012. Pengelolaan Sampah Jakarta. Jakarta: www.Kompas.com, 7 Oktober 2012. di akses 20 Januari 2013. Pratomo, Suko. 2009. Model Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar No. 11 2009 Halaman 8-15. Bandung. Respository UPI.EDU. diakses Januari 2013. Sapriya., Istianti, Tuti, & Zulkifli, Effendi. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press Sapriya. 2011. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Supriatna, Nana, dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung. UPI Press. Sumarmi. 2008. Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 15 Nomor 1 Halaman 19-25. Malang: LPTK (Lembanga Pendidikan dan Tenaga Pendidikan) dan ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia). Supriatna, Nana, dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung. UPI Press. Sumarmi. 2008. Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 15 Nomor 1 Halaman 19-25. Malang: LPTK (Lembanga Pendidikan dan Tenaga Pendidikan) dan ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia).


Article View

Abstract views : 5289 times | PDF files viewed : 6152 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v2i1.50




Copyright (c) 2013 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.