Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.47

Author (s)


(1) * Endah Hendarwati   (Jl. Sutorejo 59 Surabaya)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Sribit. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN I Sribit Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten, dengan sampel terdiri dari 2 kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol), masing-masing berjumlah 31 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar mempunyai kategori baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,11. (2) Hasil belajar dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar melalui  metode inkuiri lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai  sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (6,2650)  <  t tabel (1,671).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung.

Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Sribit. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN I Sribit Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten, dengan sampel terdiri dari 2 kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol), masing-masing berjumlah 31 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar mempunyai kategori baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,11. (2) Hasil belajar dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar melalui  metode inkuiri lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai  sig. sebesar 0,000< 0,05 dan t (6,2650)  <  t (1,671).


Keywords

Metode inkuiri dan hasil belajar siswa



Full Text: PDF



References


Anitah, Sri. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arends R. 2001. Learning To Teach. New York. Mc Graw Hill Companies, Inc

Barlia, Lily. 2006. Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar.Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Borich, Garry D. 1994. Observation Skill For Effective Teaching. New York: Mc.Graw Hill Companies.

Dick, Walter and Carey Lou. 1990. The Systematic Design of Instructional. Third Edition, Florida, United States of Amerika: Harper Collins Publisher.

Dimyati, M. 1999. Pengajaran Ilmu-ilmu Sosial di Sekolah: bagian integral system ilmu pengetahuan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.

Depdiknas. 2006. Model Penilaian Kelas: KTSP SD/MI. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Departemen Pendidikan Nasional.

Hergenhahn.2009. Theories of Learning. Jakarta : Prenada Media Group.

Ibrahim, M. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.

Ischak, Dkk. 2004. Pendidikan IPS SD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Jarolimek, J. And Parker. W.C. (1977). Social Studies in Elementary Education. New York: MacMillan Publishing Company.

Joyce, Bruce and Weil Marsha. 1992. Models of Teaching, Fourth Edition, Massachussetts: Allyn and Bacon A Division of Simon & Schuster Inc.

Komalasari, Kokom.2010. Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Aditama.

Malajdim, M . 2003 . Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Penemuan Dan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Tidak Diterbitkan. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ratumanan, Tanwey. 2003. Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan Dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa Univesity Press.

Rosmalah. 2002. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPS di SDN Sumbersari Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Unviversitas Negeri Malang.

Rustini, Tin. 2003. Penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Retorika Vol.2 No. 2 UNS Surakarta.

Sagala, Syaiful.2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Prenada Media Group.

Sapriya.2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin, Robert.1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Indeks.

Subroto, W . 2003. Pendidikan IPS. Surabaya: Insan Cendikia.

Soemantri dan Muhidin. 2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia.

Soemantri, NM. 2001.Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Soetardjo. 1998, Proses Belajar Mengajar dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. Surabaya:SIC.

Sudjarwo.1989. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.

Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, NS. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sumaatmadja, N.1986. Pengantar Ilmu Sosial. Bandung: Alumni.

Suradi. 2007. Aplikasi Pendekatan Inkuiri Dalam Pengembangan Nilai Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial. Tesis. Bandung: PPS-UPI.

Wahab, AA. 2007. Metode dan Model – Model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta.

Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Edisi Revisi. Jakarta: Grasindo

Wurdjinem. 2006. Pengembangan Sumber Belajar IPS dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses. Jurnal IPS. Bengkulu: Cakrawala Pendidikan.


Article View

Abstract views : 8665 times | PDF files viewed : 3030 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v2i1.47




Copyright (c) 2013 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.