Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Author (s)


(1) * Choirun Nisak Aulina   (Jl. Raya Gelam, Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kedisplinan pada anak-anak adalah memberikan pengertian akan mana yang baik dan yang buruk. Pendidikan disiplin perlu di tanamkan pada anak bahwa berbuat kesalahan tentu mengandung sejumlah konsekuensi,untuk itulah fungsi hukuman dalam pendidikan anak. Disiplin merupakan perilaku nilai yang bisa dilakukan secara paksa dan bisa dilakukan dengan sukarela. Untuk anak usia dini, bentuk disiplin harus dilaksanakan secara sukarela dan melalui bermain. Guru, masyarakat dan orangtua adalah faktor-faktor adalah faktor-faktor yang paling berpengaruh untuk mendisiplinkan anak.


Keywords

displin, anak-anak, permainan



Full Text: PDF



References


Brewer, Jo Ann. Introduction to Early Childhood Education. United states: Pearson, 2007.

Efendi, Mohammad. Pembinaan Disiplin Anak Tanpa Hukuman. Jakarta: Fasilitator Edisi I, 2006.

Hurlock, Elizabeth B.. Perkembangan Anak .Jakarta: Erlangga,1999.

Kostelnik, Marjorie J. dan kawan-kawan. Developmentally Appropriate Curriculum. Ohio: Pearson. 2007.

Sujiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta; Elex Media Komputindo. 2005.

Sujiono, Yuliani Nurani dan eriva syamsiatin. Perkembangan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Pusdiani Press (Pusat Studi Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta), 2003.


Article View

Abstract views : 7791 times | PDF files viewed : 10989 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v2i1.45




Copyright (c) 2013 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.