Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37

Author (s)


(1) * Dian Septi Nur Afifah   (Jalan Kemiri, Kec. Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia STKIP PGRI Sidoarjo)
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menuntut siswa untuk bersikap aktif, kreatif dan inovatif. Namun dalam pelaksanaannya menunjukkan adanya kekurangan pada praktek pembelajaran. Salah satu pembelajaran  yang melibatkan siswa aktif adalah pembelajaran kooperatif. Dalam pembelajaran kooperatif siswa saling berinteraksi satu sama lain dalam kelompok untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas. Interaksi belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dibedakan menjadi dua yaitu interaksi belajar siswa dalam tugas dan interaksi siswa di luar tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan interaksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A SMP N I Modo Lamongan dengan jumlah siswa 33 orang. Data interaksi belajar siswa dalam kelompok diperoleh dengan lembar observasi dan rekaman handycam. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa interaksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif yang terjadi dalam menyampaikan ide atau pendapat yaitu sebesar 34,4% untuk kelompok 1 dan 32,3% untuk kelompok 2, memberi bantuan yang disertai dengan penjelasan sebesar 15,6% untuk kelompok 1 dan 20,6% untuk kelompok 2, memberi bantuan tanpa disertai dengan penjelasan sebesar 25,0% untuk kelompok 1 dan 20,6% untuk kelompok 2 dan interaksi belajar matematika siswa dalam meminta bantuan sebesar 25,0% untuk kelompok 1 dan 26,5% untuk kelompok 2.



Keywords

Pembelajaran Kooperatif, Interaksi



Full Text: PDF



References


A, M, Sardiman. 2008. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Ibrahim, Rachmadiari, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press. Roestiyah, NK. 1994. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Bandung: Rineka Cipta. Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning. (terjemahan Lita). Bandung : Nusa Media. Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas. Suradi. 2005. Interaksi Belajar Mengajar Dalam Pembelajaran Matematika Secara Kooperatif. Surabaya. Disertasi. Tidak dipulikasikan. Surabaya: Pasca arjana Universitas Negeri Surabaya.


 

Cited-By

1. Ethnomathematics in mathematics, social and physical education
S Supriadi, S Susilawati, B Tristyanto
Journal of Physics: Conference Series  vol: 1318  first page: 012126  year: 2019  
doi: 10.1088/1742-6596/1318/1/012126

Article View

Abstract views : 615 times | PDF files viewed : 618 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v1i2.37




Copyright (c) 2012 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Cited-By

1. Ethnomathematics in mathematics, social and physical education
S Supriadi, S Susilawati, B Tristyanto
Journal of Physics: Conference Series  vol: 1318  first page: 012126  year: 2019  
doi: 10.1088/1742-6596/1318/1/012126