Pendekatan Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.261

Author (s)


(1) * Kenys Fadhilah Zamzam   (Jalan Citandui No. 46 Malang)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya perguruan tinggi adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hal ini mendorong peneliti untuk menerapkan  pendekatan problem based learning sebagai upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa khususnya mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang pada mata kuliah Geometri. Salah satu keunggulan dari pendekatan problem based learning adalah pendekatan ini berorientasi pada kecakapan siswa memproses informasi. Pemrosesan informasi ini mengacu pada cara siswa berinteraksi dengan lingkungannya, melihat masalah, mengembangkan konsep, dan memecahkan masalah tersebut. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis dapat berkembang karena dalam penelitian ini kemampuan berpikir kritis yang diamati mencangkup kemampuan mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, memecahkan masalah, dan menarik kesimpulan dengan tepat.



Keywords

Pendekatan Problem Based Learning, Berpikir Kritis



Full Text: PDF



References


Andriani, F. 2011. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia untuk Kelas XI Semester III Program Kejuruan Teknik Mekank Otomotif dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Arends, R. 2007.Learning to Teach. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.

Clements, D.H. & Battista, M.T. 1992. Geometry and Spatial Reasoning. Dalam Grows, D.A. (Ed). Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning.(Hlm. 420-464). New York: MacMillan Publishing Company.

Cozzola, M. 2008. Problem-Based Learning and Mathematics: Possible Synergical Actions. Journal of Education, (Online), ISBN: 978-84-612-5091-2, (http://media049.com/kumpulan-jurnal-internasional-pendidikan-matematika/), diakses 1 Juli 2016.

Ennis, R.H. 1991. Goal for a Critical Thinking. Illinois Critical Thinking Project: University Illinois.

Fathani, A.H. & Masykur, M. 2009.Mathematical Intelligence (Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar).Jakarta: Gaung Persada Press.

Hassoubah, Z.I. 2007. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Jakarta: Nuansa.

Hitipeuw, I. 2009. Belajar & Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Padmavathy, R. & Mareesh, K. 2013. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics.Journal of Education, (online), 2 (1): 45-51, (http://shreeprakashan.com/Documents/2013128181315606.6.%20Padma%20Sasi.pdf), diakses 21 Juli 2016.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sa’dijah, C. 2000. Upaya Mengembangkan Sikap Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Pengajarannya, 29 (1): 60-74.

Tinio, V.L. 2003. ICT in Education. Diakses melalui http://www.apdip.net/publications/iespprimers/ICTinEducation.pdf pada 20 Juli 2016.


Article View

Abstract views : 494 times | PDF files viewed : 401 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v5i2.261




Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.