Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Strategi Think Talk Write (TTW)

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.256

Author (s)


(1) * Mika Ambarwati   (Jalan Citandui No. 46 Malang)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dengan pendekatan strategi Think-Talk-Write (TTW). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian terdiri dari 3 mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Matematika dengan kategori nilai tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa dengan kategori nilai tinggi dan sedang dapat memahami masalah, namun mahasiswa dengan kategori nilai rendah kurang dapat memahami masalah. (2) Mahasiswa dengan kategori tinggi dapat membuat rencana penyelesaian, tetapi mahasiswa dengan kategori nilai sedang kurang dapat membuat rencana penyelesaian, sedangkan mahasiswa dengan kategori nilai rendah tidak dapat membuat rencana penyelesaian. (3) Mahasiswa dengan kategori tinggi tinggi dapat melaksanakan rencana penyelesaian, tetapi mahasiswa dengan kategori nilai sedang kurang dapat melaksanakan rencana penyelesaian, sedangkan mahasiswa dengan kategori nilai rendah tidak dapat melaksanakan rencana penyelesaian. (4) Mahasiswa dengan kategori tinggi tinggi dapat mengecek kembali hasilnya, tetapi mahasiswa dengan kategori nilai sedang kurang dapat mengecek kembali hasilnya, sedangkan mahasiswa dengan kategori nilai rendah tidak dapat mengecek kembali hasilnya.



Keywords

Pemecahan Masalah, TTW



Full Text: PDF



References


Hariyanto, Suyono, 2014. “Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Konsep Dasar”. Bandung: Rosda Karya.

Ilmiah, S dan Masriyah. 2012. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Gaya Belajar. e-Jurnal unesa. Surabaya.

Mufidatun Arfiyani, 2010. “Penerapan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Sentolo Kabupaten Kulonprogo”. ( dalam http://eprints.uny.ac.id/1412/1/halaman_depan_.rtf ). Diakses pada tanggal 29 Maret 2016.

Suyadi, (2013). “ Panduan Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Wajib Bagi Para Pendidik ( Best Seler ) “. Jogjakarta: DIVA Press.


Article View

Abstract views : 819 times | PDF files viewed : 657 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v5i2.256




Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.