Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Strategi Think Talk Write (TTW)
Author (s)
(1) * Mika Ambarwati  

        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dengan pendekatan strategi Think-Talk-Write (TTW). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian terdiri dari 3 mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Matematika dengan kategori nilai tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa dengan kategori nilai tinggi dan sedang dapat memahami masalah, namun mahasiswa dengan kategori nilai rendah kurang dapat memahami masalah. (2) Mahasiswa dengan kategori tinggi dapat membuat rencana penyelesaian, tetapi mahasiswa dengan kategori nilai sedang kurang dapat membuat rencana penyelesaian, sedangkan mahasiswa dengan kategori nilai rendah tidak dapat membuat rencana penyelesaian. (3) Mahasiswa dengan kategori tinggi tinggi dapat melaksanakan rencana penyelesaian, tetapi mahasiswa dengan kategori nilai sedang kurang dapat melaksanakan rencana penyelesaian, sedangkan mahasiswa dengan kategori nilai rendah tidak dapat melaksanakan rencana penyelesaian. (4) Mahasiswa dengan kategori tinggi tinggi dapat mengecek kembali hasilnya, tetapi mahasiswa dengan kategori nilai sedang kurang dapat mengecek kembali hasilnya, sedangkan mahasiswa dengan kategori nilai rendah tidak dapat mengecek kembali hasilnya. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View

10.21070/pedagogia.v5i2.256 |
|
Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.