Peningkatan Kemampuan Listening Comprehension Melalui Stategi Top-Down dan Bottom-Up

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.250

Author (s)


(1) * Vidya Mandarani   (Jl. Mojopahit 666b, Sidoarjo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemahaman listening masih menjadi masalah besar bagi pebelajar Bahasa Inggris, sehingga strategi Top-Down dan Bottom-Up merupakan salah satu strategi yang dapat membantu dalam memahami dan mengerti Listening Comprehension. Top-Down processing mengacu pada penggunaan skemata atau pengetahuan pebelajar untuk memahami informasi yang diterima, sedangkan Bottom-Up processing mengacu pada proses pemahaman informasi melalui analisis bunyi, arti kata, maupun tata bahasa. Dalam penerapannya, strategi Top-Down dan Bottom-Up di dalam kegiatan Pre-listening, While-listening dan Post-listening. Di dalam kegiatan Pre-listening kegiatan yang dibangun adalah pebelajar dapat menghubungkan konteks dari apa yang didengar dengan latar belakang pengetahuan yang dimiliki. Di dalam kegiatan While-listening, pebelajar memprediksi apa yang penting dan yang tidak penting untuk diperhatikan untuk mendorong siswa memahami apa yang mereka dengar. Di dalam kegiatan post-listening, pebelajar didorong untuk menanggapi apa yang mereka dengar. Keseluruhan kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam Listening Comprehension di kelas.



Keywords

Listening Comprehension, Top-Down, Bottom-Up



Full Text: PDF



References


Gebhard, Gerry. 2000. Teaching English as A Second or Foreign Language. Oxford: Oxford University Press.

Hegelsen, Marc. 2003. Listening In Practical Language Teaching. Nunan, David (eds.) New York: McGraw Hill.

Howatt, A. and J. Dakin. 1974. Language laboratory materials, ed. J. P. B. Allen, S. P. B. Allen, and S. P. Corder.

Tarigan, H.G. 1993. Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Underwood, Mary.1990. Teaching Listening. London: Longman.

Ur, P. 1984. Teaching of English as a second or foreign language. Cambridge: Cambridge University Press.


Article View

Abstract views : 2438 times | PDF files viewed : 921 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v5i2.250




Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.