Membangun Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Math Character

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.241

Author (s)


(1) * Titin Faridatun Nisa’   (Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Busyro Karim   (Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan)  
        Indonesia
(3)  Dewi Mayangsari   (Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran math character untuk membangun karakter Anak Usia Dini (AUD) dan kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam penerapan pembelajaran math character. Target penelitian ini adalah terbentuknya karakter anak usia dini melalui pembelajaran math character. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan informasi penelitian ini dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran math character dapat membangun delapan belas nilai-nilai karakter AUD. Kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam pembentukan karakter AUD melalui pembelajaran math character meliputi tema yang digunakan termasuk tema baru, siswa belum terbiasa dengan pembelajaran berbasis sentra, usia siswa bervariasi, dan adanya ikut campur wali siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga siswa menjadi kurang mandiri.


Keywords

karakter, anak usia dini, pembelajaran math character



Full Text: PDF



References


Karim, M.B., Nisa’, T.F., Asyhar, A.H. 2016. Implementasi Islamic MathCharacter: Paradigma Baru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 57-70

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kemendiknas. 2010. Rencana Induk Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa. Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, (Online), http://www.slideshare.net/moerhadie/grand-designpendkarakter, diakses tanggal 14 Februari 2012.

Nisa’, T. F. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinger. Jurnal Pedagogia, 1(1), 35-50

Pradana, R.A., Asyhar, A.H., Riza, M.D. 2014. Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 249-256

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Surabaya: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.


Article View

Abstract views : 1292 times | PDF files viewed : 1028 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v5i2.241




Copyright (c) 2016 PEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.