Deskripsi Hubungan Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Matematis

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.18

Author (s)


(1) * Ririn Dwi Agustin   (Jl. Simpang Arjuna No.14B Telepon:(0341) 323214)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap mahasiswa memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosional. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan memecahkan masalah dan mengkomunikasikan gagasan dan ide matematika. Dosen sebaiknya memperhatikan kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosional mahasiswa agar dapat merancang pembelajaran yang mendukung terciptanya komunikasi matematika. Penelitian ini membahas tentang hubungan komunikasi lisan dan kecerdasan emosional mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji korelasi. Dari data yang sudah diperoleh, karena p = 0,02 (< 0,05), dengan demikian Ho ditolak sehingga disimpulkan ada hubungan antara komunikasi matematis dengan kecerdasan emosional.

Kata Kunci: Komunikasi Lisan, Kecerdasan Emosi





Full Text: PDF



References


Ahmad, Mudzakir. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Goleman Daniel. 2006. Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional, mengapa EI lebih penting daripada IQ. Alih bahasa: T. Hermaya. Jakarta: P.T Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2000. Emitional Intelligence. Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nasir, Muhammad. 2000. Metodelogi Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sutrisno Hadi. 2000. Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset.

Wijaya, Tony. 2010. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta : Univ. Atma Jaya Yogyakarta Press.


Article View

Abstract views : 882 times | PDF files viewed : 735 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v4i2.18




Copyright (c) 2015 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.