Deskripsi Literasi Sains Awal Mahasiswa Pendidikan IPA Pada Konsep IPA
Author (s)
(1) * Noly Shofiyah  

        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi sains awal mahasiswa semester tiga program studi pendidikan IPA di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Tes literasi sains disusun berdasarkan soal PISA 2012 sejumlah 5 pertanyaan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh pakar. Hasil yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan empat kategori yaitu nominal, fungsional, prosedural, dan multidimensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan awal literasi sains mahasiswa masih banyak pada kategori nominal dan fungsional yaitu sebesar 39% dan 36% mahasiswa. Pada kategori konseptual/prosedural terdapat 20% mahasiswa. Sedangkan pada kategori multidimensional masih 4%. 1% mahasiswa tidak memberikan jawaban pada tes literasi sains yang diberikan
|
Full Text: PDF
Article View

10.21070/pedagogia.v4i2.13 |
|
Copyright (c) 2015 Pedagogia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.