Deskripsi Literasi Sains Awal Mahasiswa Pendidikan IPA Pada Konsep IPA

DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.13

Author (s)


(1) * Noly Shofiyah   (Jl. Majapahit No.666B, Kec. Sidoarjo, kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61215 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi sains awal mahasiswa semester tiga program studi pendidikan IPA di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Tes literasi sains disusun berdasarkan soal PISA 2012 sejumlah 5 pertanyaan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh pakar. Hasil yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan empat kategori yaitu nominal, fungsional, prosedural, dan multidimensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan awal literasi sains mahasiswa masih banyak pada kategori nominal dan fungsional yaitu sebesar 39% dan 36% mahasiswa. Pada kategori konseptual/prosedural terdapat 20% mahasiswa. Sedangkan pada kategori multidimensional masih 4%. 1% mahasiswa tidak memberikan jawaban pada tes literasi sains yang diberikan




Full Text: PDF



References


Bybee, R.W. (1997). Toward an understanding of scientific literacy. In: W. Gräber & C. Bolte (Eds.). Scientific literacy: An international symposium (pp. 37-68). Kiel, Germany: IPN. Bybee (Soobard & Rannikmae, 2011)

Dam, G. & Volman, M. (2004). Critical thinking as a citizenship competence: teaching strategies. Learning and Instruction, 14(4), 359-379.

Odja, A.H. & Payu, C. S. (2014). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. Jurnal Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya, 40-47.

OECD. (2006). PISA 2006. Science competencies for tomorrow’s world. Volume I: Analysis. Paris:OECD.

OECD. (2013). PISA 2012 Results. OECD.

PISA. (2012). Assessment Framework Key Competencies In Reading ,mathematics and science. OECD.

Ramadhan, D., & Wasis. (2013). Analisis Perbandingan Level Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Standar Isi (SI), Soal Ujian Nasional (UN), SOAL Trends In Matics And Science Study (TIMSS), Dan Soal Programme For International Student Assessment (PISA). Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 20-25.

Sadler, T. D. (2004). Informal reasoning regarding socio-scientific issues: A critical review of research. Journal of Research in Science Teaching. 41(5), 513-536.

Sadler, T. D. (2009). Socioscientific issues in science education: labels, reasoning, and transfer. Cultural Studies of Science Education. 4(3), 697-703.

Sadler, T.D. & Donnelly, L. A. (2006). Socioscientific Argumentation: The effects of content knowledge and morality. International Journal of Science Education, 28(12), 1463-1488.

Trowbridge, L. W., & Bybee, R. W. (1996). Teaching Secondary Schooll Science Strategies For Developing Scientific Literacy. Englewood; New Jersey; Columbus; Ohio: Merrill an Imprint of Prentice Hall.


Article View

Abstract views : 2359 times | PDF files viewed : 1752 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.21070/pedagogia.v4i2.13




Copyright (c) 2015 Pedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.